Rabu, 06 Juni 2012

RPP Klasifikasi Zat


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                             :     SMPN 1 MRANGGEN
Kelas / Semester              :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi       :     2.     Memahami klasifikasi zat.
Kompetensi Dasar           :     2.1   Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
Indikator                          :    1. Mengidentifikasi sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai.
                                                2. Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam.
                                                3. Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan.
Alokasi Waktu                :  4 x 40 menit (2 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran     :    Peserta didik dapat:
                                                1.     Membedakan pengertian asam, basa, dan garam.
                                          2.   Menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, dan garam.
                                                3.     Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, dan garam.
                                                4.     Menggunakan alat penentu atau petunjuk asam dan basa.
                                                5.     Menyimpulkan hasil percobaan dan mempresentasikannya.
Materi Pembelajaran      :     Asam, Basa dan Garam
Metode Pembelajaran     :     Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok
                                                -       Eksperimen.
                                         



Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Mengapa lemon mempunyai rasa asam?
            -     Mengapa obat maag bersifat basa?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah ciri-ciri zat yang bersifat asam?
            -     Zat apa sajakah yang termasuk dalam asam, basa, dan garam?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah dalam mencampurkan dua larutan yang berbeda.
b.   Kegiatan Inti
      .     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
      .     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil bahan-bahan larutan asam, larutan basa, dan larutan garam.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian asam, basa, dan garam.
      .     Peserta didik dalam setiap kelompok mengamati dan mengelompokkan bahan-bahan yang telah diambil oleh perwakilan kelompok masing-masing.
      .     Guru memeriksa kegiatan observasi dan klasifikasi mengenai bahan yang bersifat asam, basa dan garam yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
      .     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
      .     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri bahan yang bersifat asam, basa dan garam.
c.   Kegiatan Penutup
      .     Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
PERTEMUAN KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Bagaimana sifat zat yang tergolong asam atau basa?
            -     Bahan- bahan apa saja yang dapat digunakan untuk menentukan asam atau basa?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah sifat asam, basa dan garam?
            -     Bahan apa sajakah yang dapat digunakan untuk menentukan asam atau basa?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.   Kegiatan Inti
      .     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
      .     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil kertas lakmus, tabung reaksi, pipet tetes dan cairan yang ada di sekitar kita (misalnya: air teh, air jeruk, air sumur dan air cuka).
      .     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menentukan sifat asam dan basa.
      .     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
      .     Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
      .     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
      .     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
      .     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c.   Kegiatan Penutup
      .     Guru memberi penghargaan kelompok dengan kinerja baik
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
      .     Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar

a.   Buku IPA KIMIA SMP dan MTs Jilid 1 untuk Kelas VII KTSP Standar Isi 2006 ( Esis) hal.7-14
b.   Buku IPA KIMIA 1 untuk SMP Kelas VII Berdasarkan Standar isi 2006 (Erlangga) hal. 12-16
c.  Buku kerja
d.  Lingkungan sekitar sekolah atau rumah
e.  Bahan-bahan kimia
Penilaian
1.   Teknik penilaian:
-      Tes tertulis
-      Tes unjuk kerja
2.   Bentuk instrumen:
-      Tes pilihan ganda
-      Tes identifikasi
-      Tes uji petik kerja prosedur
3.   Contoh instrumen:
a)   Tes pilihan ganda
Berikut ini yang merupakan sifat basa adalah...
a.   Mempunyai rasa asam
b.   Mempunyai rasa pahit
c.   Kertas lakmus menjadi merah
d.  Melarutkan batu kapur
Kunci : b
Skor   : 2
b)  Tes identifikasi
Tentukan bahan-bahan yang bersifat asam, basa, dan garam dari bahan-bahan yang tersedia ( larutan sabun, larutan garam, larutan cuka, larutan gula, NaCl, HCl, Magnesium Sulfat, Kalsium Karbonat )
             Kunci :
                         Asam  : HCl, larutan cuka
                         Basa    : larutan sabun
                         Garam : larutan garam, NaCl, Magnesium Sulfat, Kalsium Karbonat
             Skor : 3
c)      Tes uji petik kerja prosedur
Lakukan kegiatan untuk menentukan tingkat keasaman suatu larutan dengan menggunakan pH stik!
Rubrik  
No.
                                        Aspek 
  Skor
1.
Ketepatan penggunaan pH stik dengan benar
      2
2.
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
      2
3.
Memperoleh data dari kegiatan
      2
4.
Membuat kesimpulan
      2

                                   Jumlah skor


                                                                                       Demak,    April 2012
                      Mengetahui,
       Kepala SMPN 1 MRANGGEN                              Guru Mata Pelajaran


                    Dra. Kismiyati                                       Nikmatul Maghfiroh, S. Pd
                    NIP.                                                       NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                             :     SMPN 1 MRANGGEN
Kelas / Semester              :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi       :     2.     Memahami klasifikasi zat.
Kompetensi Dasar           :     2.2   Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator                          :     1.     Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam dan basa di laboratorium dan di alam.
Alokasi waktu                :     2 x 40 menit (1 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran     :     Peserta didik dapat:
                                                1.     Membedakan larutan asam dan basa.
                                                2.     Membuat indikator alami asam dan basa.
                                                3.     Menggunakan indikator universal untuk menentukan nilai pH suatu zat.
Materi Pembelajaran      :    Sifat Asam dan Basa pada Bahan Makanan
Metode Pembelajaran     :     Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok
                                                -       Eksperimen
                                                -       Observasi
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Pernahkah kamu meremas-remas bunga kembang sepatu berwarna, kemudian menetes-kannya dengan asam cuka? Apa yang terjadi?
            -     Bagaimana cara mengetahui nilai pH suatu zat dengan menggunakan kertas warna standar indikator universal?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Bahan apa sajakah yang dapat digunakan sebagai indikator asam basa?
            -     Apakah yang dimaksud dengan nilai pH?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah dalam menggunakan larutan kimia.
b.   Kegiatan Inti
      .     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
      .     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil cawan porselen, penumbuk, kertas saring, gelas beker, corong gelas, tabung reaksi, etanol, larutan asam klorida, larutan natrium hidroksida dan beberapa macam buah serta sayur.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan bahan-bahan yang dapat digunakan seba-gai indikator asam basa.
      .     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen membuat indikator alami asam basa.
      .     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
      .     Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengenai penen-tuan nilai pH suatu zat dengan menggunakan indikator universal.
      .     Peserta didik melakukan eksperimen dengan menggunakan tabung reaksi, pipet tetes, kertas warna standar indikator universal, larutan indikator universal, aquades dan macam-macam contoh zat.
      .     Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
      .     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
      .     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan nilai pH yang menyatakan tingkat keasa-man atau kebasaan suatu senyawa.
c.   Kegiatan Penutup
      .     Guru memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
Sumber Belajar
a.       Buku IPA KIMIA SMP dan MTs Jilid 1 untuk  Kelas VII KTSP Standar isi 2006 (Esis) hal.12-20
b.      Buku IPA KIMIA 1 untuk SMP Kelas VII Berdasarkan Standar Isi 2006 ( Erlangga) hal. 17-27
c.       Buku kerja
d.      Lingkungan sekitar sekolah atau rumah
e.       Bahan-bahan kimia
Penilaian
a.   Teknik Penilaian:
      -     Tes unjuk kerja           
b.   Bentuk Instrumen:
      -     Uji petik kerja produk
      Contoh instrumen:
            Lakukan kegiatan untuk menentukan nilai pH suatu zat menggunakan kertas warna standar indikator universal.

No.
Aspek
Skor
1
Ketepatan menggunakan kertas warna standar indikator universal dengan benar
2
2
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
3
3
Memperoleh data dari kegiatan
2
4
Membuat kesimpulan
3
                                                     Jumlah skor
10



                                                                                       Demak,     April 2012
                       Mengetahui
       Kepala SMPN 1 MRANGGEN                              Guru Mata Pelajaran


                    Dra. Kismiyati                                       Nikmatul Maghfiroh, S. Pd
                    NIP.                                                       NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                             :     SMPN 1 MRANGGEN
Kelas / Semester              :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi       :     2.     Memahami klasifikasi zat.
Kompetensi Dasar           :     2.3   Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana.
Indikator                          :     1.     Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur.
                                                2.     Menuliskan nama dan lambang unsur.
                                                3.     Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana.
                                                4.     Memberikan contoh zat yang termasuk senyawa berikut rumus kimianya.
Alokasi waktu                 :    4 x 40 menit (2 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran     :     Peserta didik dapat:
                                                1.     Menjelaskan pengertian unsur.
                                                2.     Mengenal nama dan lambang unsur.
                                                3.     Menerapkan aturan tata nama unsur.
                                                4.     Menjelaskan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
                                                5.     Menjelaskan sifat dan kegunaan unsur.
                                                6.     Menjelaskan pengertian senyawa.
                                                7.     Menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa.
                                                8.     Menjelaskan jenis-jenis pembentukan senyawa.
                                                9.     Menuliskan rumus kimia dan penamaan senyawa.
Materi Pembelajaran      :     Unsur Kimia
Metode Pembelajaran     :     Model:
                                           -    Direct Instruction (DI)
                                           -    Cooperative Learning
                                           Metode:
                                           -    Diskusi kelompok
                                           -    Ceramah


Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Empat unsur utama apa sajakah yang menyusun tubuh manusia?
            -     Mengapa logam natrium biasanya disimpan dalam minyak ?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan unsur?
            -     Bagaimana sifat dan kegunaan setiap unsur?
b.   Kegiatan Inti
      .     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian unsur.
      .     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa unsur yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
      .     Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan penjelasan dari guru mengenai aturan tata nama unsur dan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengelompokan unsur dalam tabel periodik berdasarkan kemiripan sifat dari setiap unsur (titik lebur, titik didih, wujud; logam, semi logam, non logam, daya hantar listrik dan daya hantar panas)
      .     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai sifat dan kegunaan dari beberapa unsur.
      .     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
      .     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c.   Kegiatan Penutup
      .     Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
PERTEMUAN KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Tersusun dari unsur apa sajakah garam dapur?
            -     Senyawa apakah yang terbentuk, jika unsur natrium bercampur secara kimia dengan unsur klorin?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan senyawa?
            -     Bagaimana senyawa dapat terbentuk?
b.   Kegiatan Inti
      .     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian senyawa.
      .     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa senyawa yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa yang telah disebutkan oleh perwakilan dari tiap kelompok.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan jenis-jenis pembentukan senyawa (pembakaran, peruraian dan pencampuran zat secara kimia).
      .     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk menyimpulkan hasil diskusi.
      .     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
      .     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
      .     Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan penjelasan dari guru mengenai penulisan rumus kimia dan penamaan senyawa.
      .     Guru memberikan contoh beberapa penulisan reaksi kimia dan penamaan senyawa.
c.   Kegiatan Penutup
      .     Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
      .     Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
       a.  Buku IPA KIMIA SMP dan MTs Jilid 1 untuk  Kelas VII KTSP Standar Isi 2006 (Esis) hal.21-32
       b.  Buku IPA KIMIA 1 untuk SMP Kelas VII Berdasarkan Standar Isi 2006 ( Erlangga) hal.33-51
Penilaian
       a.  Teknik Penilaian:
          - Tes tertulis      
       b.  Bentuk Instrumen:
          - PG
          - Tes isian
           - Tes uraian
        c. Contoh Instrumen:
      -     Contoh tes PG
            Lambang K merupakan nama unsur ......
a.   Kalium
b.   Karbon
c.   Kalsium
d.  Kalor
Kunci : a
Skor   : 1
-      Contoh tes isian
Au dan Ag merupakan lambang unsur dari ...
Kunci : emas dan perak
Skor   : 2
-      Contoh tes uraian
Sebutkan empat unsur utama penyusun tubuh manusia!
Kunci : Tubuh kita tersusun dari berbagai unsur. Unsur-unsur dalam tubuh kita tidak berdiri sendiri, melainkan bergabung membentuk senyawa. Hampir 95% massa tubuh terdiri dari empat unsur utama, yaitu oksigen, karbon, hidrogen, dan nitrogen.
Skor : 3

                                                                                       Demak,    April 2012
                       Mengetahui
       Kepala SMPN 1 MRANGGEN                              Guru Mata Pelajaran


                    Dra. Kismiyati                                       Nikmatul Maghfiroh, S. Pd
                    NIP.                                                       NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                             :     SMPN 1 MRANGGEN
Kelas / Semester              :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi       :     2.     Memahami klasifikasi zat.
Kompetensi Dasar           :     2.4.  Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran.
Indikator                          :     1.     Membandingkan ciri unsur, senyawa, dan campuran berdasarkan pengamatan.
                                                2.     Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana berdasarkan ciri-ciri zat (unsur, senyawa, dan campuran).
                                                3.     Mengelompokkan zat-zat ke dalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi waktu                 :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran     :     Peserta didik dapat:
                                                1.     Menjelaskan pengertian campuran.
                                                2.     Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa, dan campuran
                                                3.     Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
                                                4.     Menjelaskan pengertian campuran homogen dan campuran hetero-gen.
                                                5.     Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen.
                                                6.     Membedakan campuran homogen dan campuran heterogen.
                                                7.     Menuliskan contoh campuran homogen dan campuran heterogen yang ada di sekitarnya.
                                                8.     Membedakan antara koloid dan suspensi.
Materi Pembelajaran      :    Unsur, Senyawa dan Campuran
Metode Pembelajaran     :     Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok
                                                -       Ceramah
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Apakah awan tergolong campuran?
            -     Apakah sifat campuran sama dengan zat penyusunnya?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan campuran?
            -     Apakah ciri-ciri campuran?
b.   Kegiatan Inti
      .     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian campuran.
      .     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa campuran yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sifat dari unsur, senyawa dan campuran.
      .     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara senyawa dan campuran dengan mengisi tabel sebagai berikut.
No
Dasar perbedaan
Senyawa
Campuran
1
Proses pembentukan


2
Proses pemisahan


3
Sifat dengan zat penyusun


4
Perbandingan zat penyusun


      .     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
      .     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c.   Kegiatan Penutup
      .     Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.

PERTEMUAN KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Tergolong campuran apakah larutan gula?                       
            -     Apakah susu tergolong suspensi atau koloid?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan campuran homogen dan campuran heterogen?
            -     Apakah yang dimaksud dengan suspensi dan koloid?
b.   Kegiatan Inti
      .     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian campuran homogen dan campuran heterogen.
      .     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa campuran homogen dan campuran heterogen yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) menuliskan penyusun campuran homogen dan campuran heterogen yang telah disebutkan oleh perwakilan dari tiap kelompok.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan jenis-jenis campuran heterogen (suspensi dan koloid) berikut contohnya.
      .     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
      .     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
      .     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c.   Kegiatan Penutup
      .     Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
      .     Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
      .     Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
      a.   Buku IPA KIMIA SMP dan MTs Jilid 1 untuk kelas VII KTSP Standar Isi 2006 (Esis) hal. 32-39
      b.   Buku IPA KIMIA 1 untuk SMP Kelas VII Berdasarkan Standar Isi 2006 (Erlangga) hal.52-59
Penilaian
a.   Teknik Penilaian:
      -     Tes unjuk kerja
      -     Tes tulis
b.   Bentuk Instrumen:
      -     Tes identifikasi
      -     Tes uraian
c.   Contoh Instrumen:
      -     Contoh tes identifikasi
            Manakah yang merupakan campuran homogen dan campuran heterogen dari jenis-jenis campuran di bawah ini?
            -     susu                                        
           -     sirup obat batuk
            -     air gula                                    
            -     campuran air dan batu kerikil
            -     tinta
     Kunci :
                  Campuran homogen : air gula,
                  Campuran heterogen : susu, campuran air dan batu kerikil, sirup obat batuk, tinta
     Skor : 2
-      Contoh tes uraian
Buatlah bagan materi secara sederhana!
Kunci :
Skor   : 3

                      Mengetahui,
       Kepala SMPN 1 MRANGGEN                              Guru Mata Pelajaran


                    Dra. Kismiyati                                       Nikmatul Maghfiroh, S.Pd
                    NIP.                                                       NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar